Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 20 September 2011

Cara Upload Database ke Web

Dewasa ini perkembangan teknologi sangatlah pesat. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang memanfaatkan teknologi informasi tetapi sekarang banyak individu yang memanfaatkan teknologi informasi seperti website, tidak hanya sekedar memanfaatkan tetapi juga mereka telah menjadikannya sebuah kebutuhan. Kita dapat membuat website dengan bahasa pemrograman PHP maupun dengan menggunakan Content Management System seperti Joomla, Wordpress, Drupal,dsb. Namun di sini, kita tidak akan membahas secara teknis bagaimana sebuah website itu dibuat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk mengupload database ke website.


Sekarang banyak kita jumpai penyedia layanan hosting gratis seperti byethost, megabyet.com, dsb. Kita pilih salah satu misalnya saja byethost. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengupload database ke web:

  • Buka email yang berisi link seperti dibawah ini:

  • Kemudian kita isikan cathcha sesuai dengan gambar di bawah ini:
 
  • Setelah kita pilih tombol click, silahkan buka kembali email yang berisi username dan password yang nantinya kita gunakan untuk login seperi pada gambar di bawah ini:
 


  • Setelah domain kita buat maka kita buat dulu databasenya, kembali ke Control Panel kemudian klik MySQL Databases. Masukkan nama database kita di kemudian klik tombol Create Database.



  • Kemudian masuk ke PhpMyAdmin dengan klik Admin seperti gambar. Kita bisa buat langsung di sana atau bisa import seperti biasanya lewat menu import.


  • Setelah kita buat database jangan lupa sebelum upload kita seting koneksi kita dengan host, username, password, database disamakan dengan seting di Byethost. Hostname, username bisa kita lihat di account information di sebelah kiri Control Panel.


  • Setelah seting koneksi kita upload ke web kita dengan masuk di file manager.

  • Setelah itu masuk ke htdocs kemudian klik upload.




  • Kemudian akan muncul halaman baru dimana yang sebelah kiri kita bisa mengupload file satu demi satu. Sedangkan yang sebelah kanan kita bisa langsung upload beberapa file dan folder dengan cara file kita kompres dengan ekstensi zip, tar, tgz, atau gz.

  • Setelah selesai upload kita akan diberi informasi bahwa file berhasil diupload atau tidak kemudian silahkan klik back [gambar panah ke kiri] untuk kembali ke folder htdocs untuk melihat file-file yang telah kita upload. Untuk mengetes buka domain web yang telah kita buat. 

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Created By:

Maria Anindita Saputri